10 Hal Yang Disukai Oleh Kucing

July 15, 2022
Omah Kucing - 10 Hal Yang Disukai Oleh Kucing.

Omah Kucing - Hal-Hal Yang Disukai Oleh Kucing. Terkadang kucing memiliki perilaku yang sulit ditebak  oleh manusia, terlebih bagi orang yang belum pernah memelihara kucing. Untuk membantu Anda dalam memahami sesuatu yang disukai oleh kucing, maka pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal yang disukai kucing.

Baca Juga : Inilah 6 Alasan Kenapa Kucing Liar Betah di Rumah Kita

Ketika memelihara kucing tentu saja Anda harus paham apa saja yang menjadi kesukaan kucing dan juga dan apa saja yang tidak disukai oleh kucing. Dengan mengetahui hal-hal yang disukai oleh kucing maka Anda akan lebih mudah membuat kucing merasa senang, senang dan betah dirumah.

Dirangkum dari berbagai sumber salah satunya berasal dari The Spruce Pets, berikut adalah 10 hal yang disukai kucing :

10 Hal Yang Disukai Oleh Kucing
Kucing Suka Tidur

10 Hal Yang Disukai Oleh Kucing

1. Kucing Suka Tidur

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwasannya kucing memang suka sekali tidur. Kucing terkenal doyan tidur, hal tersebut memang kenyataan. Faktanya rata-rata kucing tidur 12 hingga 16 jam perhari.

Kucing termasuk hewan nokturnal yaitu sebutan hewan yang lebih banyak beraktivitas di malam hari dan tidur di siang hari. Oleh sebab itu tak heran jika kucing senang menghabiskan waktu untuk tidur siang.

Fakta lain menyebutkan, anak kucing dan kucing yang sudah tua akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur.

Kucing suka tidur bukan tanpa alasan, mereka menyimpan sebagian tenaganya untuk berburu. Kucing liar terbiasa mencari makanan sendiri, mereka membutuhkan banyak tenaga untuk melakukan perburuan.

Namun kucing rumahan, yaitu kucing yang dipelihara di rumah dimana mereka sudah terjamin makanannya kenyataannya mereka masih sangat suka tidur. Memang seperti itulah kucing, suka sekali tidur.

2. Kucing Suka Merawat Diri

Selain tidur, ternyata kucing juga suka merawat diri. Kucing dewasa bisa melakukan perawatan diri hampir separuh dari jam bangunnya. Pada dasarnya kucing adalah binatang yang menyukai kebersihan. Selain manja kucing juga senang berada di tempat yang bersih.

Kucing biasa merawat dirinya sendiri dengan menjilati bulunya. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan bulu yang rontok. Ada beberapa alasan kucing suka merawat diri, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menjaga tubuh tetap bersih
  • Menjaga kulit dan bulu tetap sehat
  • Membuat kucing merasa rileks
  • Membantu kucing terikat dengan kucing lain
  • Mendinginkan suhu tubuh

Namun yang perlu diketahui bersama adalah tidak semua kucing senang atau suka dirawat oleh manusia. Sebagian kucing lebih suka merawat dirinya sendiri. Bisa jadi mereka merasa tidak nyaman ketika dirawat oleh manusia.

Jadi untuk merawat kucing dibutuhkan kesabaran dan penuh kasih sayang. Dengan begitu kucing akan mau dirawat oleh manusia dengan menurut.

3. Kucing Suka Makanan Segar dan Begizi

Hampir seluruh kucing di dunia menyukai makanan segar dan lezat. Kucing bisa membedakan makanan yang segar dan tidak segar dan mereka sebenarnya sangat membenci makanan yang tidak segar.

Jika Anda memberi makanan kepada kucing maka berilah makanan yang segar dan bergizi. Dengan begitu kucing merasa senang dan bisa membantu perkembangan pertumbuhan kucing.

4. Air Mancur dan Air Mengalir

Walaupun kucing terkenal tidak suka dengan air, ternyata kucing menyukai air mancur dan air mengalir. Kucing sangar suka minum di air bersih yang mengalir atau mancur. Bahkan sudah ada kucing yang terbiasa minum di air keran dimana mereka memutar kerannya sendiri.

5. Kucing Suka Bermain

Kucing membutuhkan waktu bermain untuk membuat mereka rileks. Bermain juga bisa melatih insting liarnya yakni mengintai, berburu, dan menangkap mangsa. Kucing hampir tidak pernah melewatkan waktunya untuk bermain.

Sebagai pemilik sudah seharusnya Anda tahu jika bermain merupakan hal penting untuk perkembangan kucing dan juga kesehatannya. Oleh sebab itu Anda harus meluangkan waktu untuk bermain bersama kucing.

Bermain dengan kucing sangat mudah, cukup bermodal tali dan benang hingga mainan kucing komersial.

6. Kucing Suka Jalan Jalan

Pada dasarnya kucing adalah hewan terbiasa hidup liar dan biasa berburu mangsanya untuk dimakan. Kucing memiliki insting berburu yang kuat, tak heran jika kucing senang jalan-jalan karena insting alaminya.

Sebagian kucing senang menyalurkan insting berburunya dengan jalan-jalan menjelajahi lingkungan. Perlu Anda tahu bahwa kucing bisa merasa stress ketika terkurung dalam ruangan terlalu lama. Oleh sebab itu mulai dari sekarang biasakan luangkan waktu untuk mengajak kucing jalan-jalan.

7. Kucing Suka Menggaruk dan Mancakar

Bagi kucing mencakar benda bisa membuat mereka merasa rileks. Tak heran jika kucing tiba-tiba menggaruk dan mencakar benda di sekitarnya misalnya tiang, kaki meja, kasur, bantalan sofa, pohon dan lain sebagainya.

Untuk menghindari kerusakan benda-benda dirumah akibat cakaran kucing Anda bisa membelikan Alat pengasah cakaran kucing. Alat tersebut bisa menjadi media penyalur hobi kucing yang suka mencakar dan menggaruk.

8. Kucing Suka Dielus

Bukan rahasia lagi jika kucing suka dielus. Kucing memang suka dielus karena dibalik sifatnya yang liar ternyata kucing juga memiliki sifat yang sangat manja. Mengelus kucing bisa membuat mereka meresa senang dan bahagia serta bisa membuat mereka tambah jinak.

Ada bagian tubuh yang sangat di sukai kucing ketika dielus misalnya kepala, punggung, leher bawah dagu dan lainnya.

9. Kucing Suka Mengamati Burung

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwasannya kucing memiliki insting berburu. Oleh sebab itu kucing suka mengamati burung. Alasan kucing suka mengamati burung karena si kucing ingin memangsa atau hanya sekedar tertarik dengan pergerakan burung.

Jika kebetulan Anda memelihara kucing dan burung, maka pastikan burung berada tempat yang aman dari jangkauan kucing. Bisa jadi kucing selalu mengintai burung yang Anda pelihara untuk di jadikan mangsanya.

10. Kucing Suka Dengan Pemiliknya

Kucing adakah hewan yang setia dan mencintai pemiliknya. Perlu dikatahui kucing dapat menjalin hubungan yang erat dengan majikannya. Tanda-tanda kucing mencintai pemiliknya diantaranya meletakan kepalanya di pangkuan majikannya, mendengkur, tidur di dekat majikannya, mengeong, menjilat dan menempelkan pantatnya di wajah majikannya.

Kucing yang sudah menjalin hubungan erat dengan majikannya karena mereka merasa disayang dan dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Jika sang majikan sedang tidak ada di rumah biasanya kucing akan menunggu dan menantikan sang majikan datang. Bahkan ada kucing yang menunggu kedatangan majikannya di depan pintu.