2 Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli dari Fisik dan Sifat

December 30, 2021
Omah Kucing - 2 Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli dari Fisik dan Sifat.

Omah Kucing - 2 Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli dari Fisik dan Sifat. Anggora adalah salah satu ras kucing domestik alami berasal dari Anggora (sekarang Ankara, Turki). Nama lain kucing Anggora adalah Turkish Anggora, kucing Ankara. Ras ini termasuk salah satu ras kucing domestik alami tertua. Berikut ini 8 ciri-ciri kucing Anggora Asli.

Baca : Waspada! Jamur Kucing Ternyata Bisa Menular Ke Manusia

Kucing Anggora merupakan salah satu kucing terpopuler di Dunia. Penampilan kucing Anggora sangat cantik dan elegan. Bulunya yang berwarna putih salju membuatnya semakin menawan.

Sekilas kucing Anggora mirip dengan kucing Persia. Namun sebenarnya ada perbedaan diantara ras Persia dan Ras Anggora. Sebelumnya telah dibahas ciri-ciri dari kucing Persia. Maka sekarang akan dibahas ciri-ciri kucing Anggora Asli.

Secara umum kucing Anggora memiliki ciri khas berbulu panjang dan lebat. Tubuh kucing Anggora berukuran sedang, ramping dan berorot. Kepala kucing Anggora berbentuk segitiga dan hidungnya panjang. Telinga kucing Anggora berbentuk segitiga, ukurannya panjang, dan lebar. Kaku kucing Anggora panjang dan tinggi, sedangkan ekornya panjang dan mengembang.

8 Ciri Ciri Fisik Kucing Anggora

Ciri Fisik Kucing Anggora

Untuk lebih detail dalam mengenali kucing Anggora maka akan dibahas satu persatu ciri khas fisik dari kucing Anggora. Simak penjelasan 8 ciri-ciri fisik kucing Anggora berikut ini.

1. Tubuh Kucing Anggora

Kucing Anggora memiliki tubuh berukuran sedang, panjang, dan ramping. Ukuran tubuh kucing Anggora jantan lebih besar dibandingkan dengan ukuran tubuh kucing Anggora betina.

Disamping itu bagian belakang tubuh kucing Anggora lebih besar dibandingkan tubuh bagian depan. Tulang kucing Anggora terlihat kokoh dan terkadang menonjol. Tonjolan tulang tersebut terlihat di badannya.

Tubuh kucing Anggora memang cukup panjang. Tubuh bagian belakang kucing Anggora sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian depan.

Berat tubuh kucing anggora umumnya berkisar antara 2,2 – 4 kg.

2. Kepala Kucing Anggora

Kucing Anggora memiliki kepala berbentuk segitiga yang terbalik seperti singa. Bagian kepala atas lebih lebar dibandingkan dengan bagian bawah. Semakin ke bawah semakin mengerucut sampai kebagian dagu.

Bulu pada bagian kepala tidak terlalu panjang. Ini tentu berbeda dengan kucing Persia yang memiliki bulu panjang pada bagian kepalanya.

3. Hidung Kucing Anggora

Hidung kucing Anggora terlihat mancung dan didukung wajah kucing Anggora yang lonjong. Jika diperhatikan lubang hidung kucing Anggora sangat terlihat jelas. Posisi hidung terlihat agak ke atas.

Salah satu ciri khas dari kucing Anggora adalah memiliki hidung mancung. Berbeda dengan kucing Persia yang memiliki hidung pesek.

4. Telinga Kucing Anggora

Kucing Anggora memiliki telinga yang cukup besar berbentuk segitiga. Pada telinga bagian bawah lebar dan mengerucut semakin kecil ke atas. Telinga satu dengan satunya jaraknya berdekatan.

Telinga kucing Anggora diselimuti bulu yang lebat. Bulu pada bagian bawah terlihat panjang. Posisi telinga kucing Anggora terlihat tegak meruncing ke atas.

5. Mata Kucing Anggora

Bentuk mata kucing Anggora seperti buah almond serta sedikit miring ke atas. Umumnya mata kucing Anggora berwarna kuning. Namun, ada kucing Anggora yang memiliki warna mata yang unik yaitu mata berwarna ganjil. Warna mata ganjil kucing anggora adalah warna kuning dan warna biru.

Kucing Anggora yang memiliki warna berbeda pada matanya cukup langka. Tentu ini membuat jenis Anggora mata ganjil menjadi unik. Banyak orang yang berharap bisa memiliki kucing Anggora yang memiliki warna yang berbeda.

6. Bulu Kucing Anggora

Kucing Anggora memiliki bulu panjang dan cukup tebal. Anggora termasuk salah satu ras kucing berbulu panjang. Biasanya bulu pada bagian leher dan ekor kucing Anggora lebih lebat dibandingkan dengan pada bagian lainnnya. Selain itu bulu pada bagian ekornya mengembang seperti kemoceng.

Bulu pada bagian leher kucing Anggora tumbuh panjang sehingga terlihat seperti singa. Bulu pada leher tersebut menjadi ciri khas bagi kucing Anggora yang membedakan dengan ras kucing lainnya, termasuk kucing Persia.

Hal yang unik adalah bulu kucing Anggora bisa tumbuh menyesuaikan dengan cuaca dan lingkungan. Pada saat musim panas bulu kucing Anggora bisa tumbuh lebih pendek dan jarang. Namun jika saat musim panas bulu kucing Anggora bisa tumbuh cepat, panjang, dan lebat.

Kucing Anggora hadir dengan beragam warna bulu seperti putih, tabby tutul perak, tempurung kura-kura hitam asap, warna asap biru, hitam, torbi hitam dan putih, tabby bercak cokelat, dan torby krem biru dan putih.

7. Kaki Kucing Anggora

Kucing Anggora memiliki kaki yang cukup panjang dan terlihat tinggi. Kaki bagian belakang kucing Anggora lebih panjang jika dibandingkan dengan kaki depannya.

Telapak kaki kucing Anggora berukuran kecil, bulat dan halus. Kakinya ditumbuhi bulu yang tebal. Bulu pada bagian kaki atas lebih panjang dibandingkan kaki bawah.

8. Ekor Kucing Anggora

Ekor kucing Anggora panjang disertai bulu tebal dan lebat. Jika diperhatikan bulu pada ekornya memang lebih lebat jika dibandingkan dengan bulu bagian lainnya.

Bulu pada bagian ekor terlihat mengembang seperti ekor musang atau seperti kemoceng (sulak). Terkadang kucing Anggora menggerak-gerakan ekornya sehingga terlihat lucu dan menggemaskan.

Sifat Kucing Anggora

Kucing Anggora adalah kucing yang aktif, suka bermain, suka bergaul dengan manusia, energik, ramah, dan penurut. Mereka sangat suka bermain bersama dengan manusia di rumah tempat tinggalnya.

Anggora termasuk kucing pintar yang artinya mudah dilatih melakukan sesuatu. Selain itu Anggora juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka selalu ingin ambil bagian terhadap apa yang dikerjakan pemiliknya.

Perlu diketahui kalau kucing Anggora ini tidak suka dikurung atau ditinggal dalam waktu yang lama. Mereka lebih suka berada disamping pemiliknya. Jangan heran ketika melihat kucing Anggora selalu nempel kepada pemiliknya.

Disamping itu, kucing Anggora juga selalu mengawasi keadaan lingkungan sekitarnya. Mereka selalu waspada terhadap keadaan lingkungan sekitaranya.

Karena termasuk kucing yang energik, maka Anggora senang mencari tempat yang lebih tinggi. Terkadang mereka juga berisik, wajar saja karena Anggora adalah kucing yang aktif.

Anggora Termasuk Kucing Langka

Saat ini pemerintah Turki membatasi impor kucing Anggora. Bahkan pernah ada larangan bagi warga Turki mengimpor ke negara lain. Oleh sebab itu kucing Anggora Asli saat ini sangat langka di luar negara Asalnya, Turki.

Hal tersebut dilakukan oleh pemerintah Turki demi menjaga kemurnian ras kucing Anggora. Konon katanya, kucing Anggora memiliki perlindungan tersendiri di Turki.

Kesimpulan

Kucing Anggora adalah kucing berbulu panjang, bertubuh sedang, kepala dan telinga berbentuk seperti segitiga, dan memiliki mata berwarna, kuning, biru. Yang unik adalah jenis kucing Anggora yang memiliki warna berbeda atau ganjil, yaitu warna mata kuning biru.

Ras kucing Anggora dikenal memiliki bulu panjang, lebat, dan lembut. Ciri khas pada bulu kucing Anggora ini menjadikannya sangat populer dikalangan pecinta kucing, baik di Indonesia maupun di luar negri.

Kucing Anggora termasuk kucing yang super aktif, energik, suka bermain, ramah dan penurut. Tingkah mereka terkadang sangat menghibur pemiliknya. Oleh sebab itu kucing Anggora sangat cocok dijadikan peliharaan di rumahmu.