Cara Mengobati Kucing Scabies

May 05, 2022
Cara Mengobati Kucing Scabies

Omah Kucing - Cara Mengobati Kucing Scabies. Scabies merupakan penyakit yang membuat kucing tidak nyaman dan lusuh. Untuk itu Anda harus paham cara mengobati kucing scabies sehingga dapat mengatasinya dengan tepat.

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa penyebab kucing scabies adalah tengau kecil yang bersarang di kulit luar kucing.

Kucing yang menderita scabies memiliki tanda di bagian ujung telinga berupa kerak dengan kulit mati. Saat kerak kulit mati ini diangkat atau dikerok akan mengakibatkan kelecetan pada kulit kucing.

Tentu saja tanda tersebut merupakan infeksi tungau scabies. Anda harus segera mengobati kucing scabies agar tidak semakin parah dengan cara berikut.

Cara Mengobati Kucing Scabies

1. Memisahkan Kucing Scabies Dengan Kucing Lain

Langkah pertama untuk mengobati kucing yang scabies yakni memisahkan semua kucing sehat dari kucing penderita scabies. Langkah ini untuk mencegah terjadinya proses penularan sehingga kucing sehat tidak tertular scabies.

Anda bisa memisahkan kandang setiap kucing atau memisahkan ruang pemeliharaannya. Intinya, Anda perlu membuat jauh jarak kucing sehat dengan kucing penderita.

2. Mencuci Bersih Semua Alat Grooming

Langkah berikutnya dengan mencuci bersih semua alat grooming yang digunakan oleh kucing penderita scabies. Anda bisa mulai membersihkan peralatan seperti kandang, sisir, sikat hingga benda yang tersentuh olehnya.

Hal ini dilakukan untuk membasmi tungau scabies yang ada pada alat grooming tersebut. Setelah dicuci bersih, Anda bisa menggunakannya kembali untuk merawat kucing.

3. Bersihkan Kandang Kucing

Untuk mengatasi kucing scabies Anda harus memastikan kandang selalu bersih. Oleh karena itu bershkan kandang kucing dengan menggunakan sabun dan air sehingga bisa mengusir tengau yang ada di kandang.

Barang-barang yang berada di kandang juga harus dibersihkan seperti wadah makan dan minum, mainan, kain, litter box dan lain sebagainya.

Membersihkan kandang dan perlengkapan kucing lainnya adalah salah satu cara metode mengobati kucing scabies.

4. Menghindari Tempat Yang Kurang Bersih

Scabies pada kucing bisa semakin parah karena tempat untuk memelihara kucing kurang bersih. Oleh karena itu, Anda perlu segera memindahkan kucing scabies dari tempat yang kurang bersih.

Tempat bersih membantu kucing lebih nyaman. Selain itu, tempat bersih tentu terbebas dari tungau scabies. Sehingga kucing tidak terinfeksi tungau scabies lebih banyak.

5. Menggunakan Shampoo Khusus Anti Parasit

Shampo anti parasit mampu membunuh tungau scabies yang ada pada kulit kucing serta meringankan gejala infeksinya. Shampo ini mengandung sulfur atau sebasol yang dapat digunakan 10-15 menit sekali dalam sepekan.

Untuk terbebas dari scabies, gunakan shampo selama 1-2 bulan. Anda bisa mendapatkan shampo tersebut di toko hewan agar lebih praktis.

Untuk mengobati kucing yang terkena scabies Anda bisa menggunakan shampoo khusus anti parasit seperti Machiko Flea, Beverly Shampoo, Rainbow, dan lain-lain.

Mandikan kucing setidaknya 1 kali dalam seminggu. Gunakan shampoo tersebut untuk memandikan kucing dengan menggosok-gosok selama kurang lebih 10 menit.

Jika tubuh kucing bersih biasanya tengau akan hilang selama kurang lebih 1 hingga 2 bulan.

6. Memberikan Salep Khusus Anti Parasit

Cara mengobati kucing penderita scabies bisa dilakukan dengan pemberian salep khusus anti parasit. Caranya, salep dioleskan di bagian kulit yang terinfeksi dengan kandungan gamexane, triamcolone, deram tecg, petrolatum, dan permethrin.

Semua kandungan tersebut mampu menghilangkan serta membunuh tungau scabies dari kulit kucing. Salep ini bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Saleb khusus anti parasit yang bisa mengobati kucing scabies adalah Raid All 15 gr Deram Cream, Diatomix, dan SCABIES CREAM.

Salep ini sebaiknya tidak digunakan pada kucing hamil yang terserang scabies. Hal tersebut karena bahan yang terkandung dalam salep termasuk bahan kimia berbahaya.

Jika kucing hamil terpapar bahan kimia terlalu banyak maka bisa berdampak buruk pada kehamilannya. Selain itu, salep dijual dengan harga cukup terjangkau. Jadi, Anda bisa segera mengobatinya.

7. Menggunakan Minyak VCO

Minyak VCO (Virgin Coconut Oil) sudah terbukti memiliki banyak manfaat, termasuk untuk mengobati kucing yang scabies.

Gunakan minyak VCO dengan mengoleskannya pada kulit kucing yang terinfeksi tungau scabies. Anda juga bisa menggunakan minyak ini untuk mengobati scabies kucing hamil.

Penggunan minyak VCO pada kucing hamil tergolong aman karena minyak dibuat dari bahan alami. Sehingga minyak VCO tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kehamilan kucing.

Minyak VCO terbukti banyak memiliki kandungan vitamin E. Alhasil, minyak VCO mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat infeksi dan serangan scabies pada kucing.

8. Melakukan Suntik Anti Scabies

Tungau scabies juga bisa diobati dengan melakukan suntik anti scabies. Suntik anti scabies harus dilakukan dokter hewan terpercaya.

Suntikan ini mampu meredam infeksi tungau scabies pada kulit kucing. Bahkan sangat efektif menghentikan penularan scabies pada kucing lain. Anda bisa meminta layanan suntik anti scabies sebanyak 2 kali dalam satu bulan.

Beberapa rekomendasi suntik scabies kucing yang bisa Anda coba diantaranya selamectin, ivermectin, dan doramectin.

Harga suntik scabies pada kucing di dokter hewan tentu saja berbeda-beda karena dipengaruhi beberapa faktor. Umumnya harga suntik scabies pada kucing berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Jika ada subsidi atau tergabung dalam suatu komunitas bisa jadi mendapat harga yang lebih murah. Sebaliknya karena faktor tertentu misalnya scabies parah maka bisa saja harganya lebih mahal.

9. Memberikan Antibiotik

Infeksi scabies pada kucing dapat menimbulkan luka serius pada kulitnya. Agar kondisi kucing tidak semakin parah, Anda bisa memberikan antibiotik.

Pemberian antibiotik dapat dilakukan secara oral maupun injeksi. Tujuannya mempercepat penyembuhan luka. Sehingga luka cepat mengering akibat infeksi tungau scabies.

10. Menambah Asupan Multivitamin

Asupan multivitamin sangat baik untuk kesehatan kucing. Terlebih lagi multivitamin ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga luka infeksi tungau scabies tidak menimbulkan iritasi, anemia atau dehidrasi berlebihan pada kucing.

Tungau scabies ini juga menghisap darah kucing selagi mereka memuat terowongan pada kulit. Kondisi tersebut membuat kucing lemah dan rentang terhadap penyakit.

Agar kekebalan tubuh kucing meningkat dan melawan parasit tengau, Anda bisa memberikan multivitamin.

Scabies pada kucing termasuk penyakit yang cukup sulit disembuhkan. Pasalnya, penyakit ini sangat mudah menular baik dari interaksi langsung maupun tidak.

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengobati scabies, ternyata memang lebih baik melakukan pencegahan. Anda bisa melakukan pencegahan dengan menjaga tubuh dan lingkungan kucing selalu bersih.