7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

July 22, 2022

Omah Kucing - Sebagai pecinta kucing tentu sangat menyenangkan jika melihat kucing kesayangan makan dengan lahap dan menyukainya, jika melihat seekor kucing yang tiba-tiba memutuskan untuk berhenti makan biasanya dapat menjadi tanda adanya masalah yang serius. Ketika kamu mengetahui kucing yang kamu miliki tidak makan sesekali mungkin dapat dikatakan ia sedang tidak nafsu makan, bagaimana jika ia tidak mau makan terlalu sering?

Mengapa hal ini kerap menjadi masalah? Mungkin nafsu makan dapat dikatakan sebagai masalah utama, akan tetapi kamu perlu mencari tahu lebih dalam tentang kucing yang kamu miliki. Tentu akan membuat khawatir bagi sang pemilik jika kucing yang mereka sayang tidak mau makan lagi.

Menghindari makanan dapat menjadi masalah yang serius bagi kesehatan kucing jika berlanjut hingga 48 jam atau bahkan lebih, untuk itu kamu perlu mencari tahu penyebab mengapa kucing tidak mau makan. Berikut beberapa penjelasan tentang kucing yang tidak mau makan:

7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

1. Masalah Gastrointestinal

Seekor kucing biasanya akan berhenti makan seteleh mereka mengkonsumsi makanan atau menelan sesuatu yang seharusnya tidak mereka konsumsi, kondisi satu ini mungkin dapat menunjukkan adanya gejala diare atau muntah. Jika kucing yang kamu miliki mengalami gejala seperti diare, muntah, ada baiknya untuk dibawa ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan yang tepat.

2. Masalah Gigi

Masalah gigi, seperti sakit gigi atau gusi yang meradang ternyata dapat membuat kucing tidak nafsu makan atau tidak akan makan. Hal ini tentu akan membuat kucing hanya menguyah satu sisi mulutnya dan membuatnya merasa kesakitan saat menguyah sesuatu.

3. Penyakit yang Mendasarinya

Nafsu makan kucing ternyata tergantung pada indra penciumannya, jika kucing sedang tidak sehat terutama memiliki masalah kesehatan pada bagian pernapasannya maka akan membuat mereka tidak nafsu makan atau mungkin tidak ingin makan.

4. Keenganan pada Makanan

Ada beberapa makanan yang mungkin akan dihindari oleh kucing, kucing yang terlalu memiliki makanan atau tidak ingin makan tentu akan membuatnya menjadi tidak sehat. Coba perhatikan ketika kamu memaksan makanan kepada kucing, biasanya mereka akan menolak dan menghindari makanan yang kamu tawarkan. Mulai sekarang perhatikan apa yang kucing suka terhadap akanan dan jangan tinggalkan makanannya kemudian jangan memberikan makanan secara paksa terhadap kucing.

5. Stres

Stres merupakan salah satu masalah perilaku seperti kecemasan maupun Depresi tentang adanya perubahan lingkungan maupun perasaan, hal ini ternyata dapat mempengaruhi kucing dan membuatnya berhenti makan atau tidak nafsu makan.

6. Keamanan

Selainn stress kucing juga dapat berhenti makan jika makanannya terasa tidak aman atau jika makananya diketakkan di dekat sesuatu yang membuatnya ketakutan atau bahkan jika makananya terlalu dekat dengan toiletnya.

Ternyata penempatan mangkuk makanan juga dapat mempengaruhi tingkat keamanan yang dirasakan kucing pada waktu makan, ada baiknya jika kamu meletakkan mangkuk makanan jauh dari dinding atau sudut sehingga kucing bisa makan mengadap ke ruangan untuk melihat apakan ada sesuatu di sekitar ruangan yang dekat dengannya.

7. Perubahan Lingkungan

Perubahan Lingkungan juga dapat membuat kucing berhenti makan, kucing dapat menjadi cemas atau tertekan karena berbagai perubahan yang baik maupun besar dan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Perubahan inilah yang bisa apa saja mulai dari memindahkan kotak pasir atau menggunakan kalung baru, yang membuat mereka sulit menerima perubahan.

Jika kucing yang kamu miliki tidak mau makan ada baiknya untuk periksakan ke dokter hewan. Terkadang kucing juga dapat merasakan ada yang salah dengan makanannya yang tidak mau memakannya, pasikan untuk berkonsultadi dengan dokter hewan untuk memberikan makanan yang tepat untuk kucing.